News
Tes kraepelin dalam penggunaannya memiliki banyak tujuan pelaksanaan tes, seperti untuk melihat kestabilan emosi saat bekerja, adaptasi, konsistensi, ketelitian dan lain-lain

Tujuan dan Tips Mengerjakan Tes Kraepelin, Yuk Simak di Bawah!

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tes kraepelin. Yaitu salah satu psikotes kerja yang sering digunakan oleh perusahaan. Tes ini biasanya digunakan saat proses seleksi pegawai baru demi mendapatkan pegawai yang tepat. Pelaksanaan tes ini juga bisa dilakukan secara offline maupun online.

Secara offline berarti antara peserta tes dengan penyelenggara tes harus bertemu secara langsung dan mengerjakan tes menggunakan kertas. Sementara itu, tes secara online antara peserta dan penyelenggara tidak harus bertemu secara langsung. Proses pengerjaan tes juga bisa dilakukan menggunakan perangkat ponsel, komputer, maupun laptop.

Tujuan dan Tips Mengerjakan Tes Kraepelin

Sebelum membahas tentang tujuannya, apakah Anda sudah tahu tentang tes ini dan bagaimana bentuknya? Tes ini merupakan jenis psikotes yang berisikan deretan angka dalam lembar kertas berukuran A4. Nantinya peserta harus menjumlahkan angka-angka tersebut dengan metode tertentu dalam waktu yang telah ditentukan.

Umumnya tes ini dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui kemampuan calon pegawai sebelum memutuskan untuk menerima atau menolaknya. Berikut adalah tujuannya lebih lanjut:

1. Mengetahui Kestabilan Emosi

Tujuan pertama yaitu untuk mengetahui apakah peserta mampu mengendalikan emosi saat menghadapi tekanan terkait pekerjaan atau tidak. Dengan begini maka perusahaan bisa mengetahui kemampuannya dan bisa mengambil keputusan yang tepat.

2. Mengetahui Kemampuan Adaptasinya

Selanjutnya tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan adaptasi dari pesertanya. Baik adaptasi pada lingkungan maupun pekerjaannya. Jika peserta memiliki kemampuan adaptasi yang baik tentunya ia juga bisa bekerja dengan baik.

3. Mengetahui Kepribadian

Tes kraepelin juga bisa membantu perusahaan dalam mengenai kepribadian calon pekerja. Dengan begitu pun hasil tes akan menunjukkan apakah ia cocok dengan perusahaan atau tidak.

4. Melihat Konsistensi dalam Bekerja

Karena tes ini mengharuskan pesertanya melakukan penjumlahan dalam waktu tertentu maka tes ini akan menunjukkan daya tahan dan konsistensi pesertanya dalam mengerjakan tugas. Dengan begitu maka perusahaan bisa menilai apakah peserta memiliki sifat mudah menyerah atau terus konsisten dalam mengerjakan soal.

5. Mengetahui Tingkat Motivasi

Tujuan berikutnya yaitu untuk mengetahui seberapa besar motivasi yang dimiliki oleh peserta. Peserta yang memiliki motivasi tinggi tentunya akan berusaha untuk memecahkan persoalan yang ada dalam pekerjaan sehingga mampu memberikan hasil yang lebih optimal.

6. Mengetahui Tingkat Ketelitian

Melalui tes ini perusahaan juga akan melihat tingkat ketelitian pesertanya. Hal tersebut karena tes ini tentunya membutuhkan ketelitian yang ekstra. Jika ada jawaban yang salah maka tentunya peserta tidak teliti.

Tips Mengerjakan Tes

Setelah mengetahui beberapa tujuan diadakannya tes kraepelin ini, tentunya Anda tahu jika tes ini sangat penting dan bisa menentukan nasib pesertanya, apakah diterima perusahaan atau tidak. Karena itu penting untuk memastikan mengerjakan tes dengan benar.

Nah, jika Anda juga akan mengerjakan tes ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa melewatinya dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips mengerjakannya:

  • Pastikan badan dalam keadaan yang sehat, baik fisik maupun mental.
  • Fokuslah pada soal, jangan memikirkan hal lainnya.
  • Dalam mengerjakan pastikan Anda memperhatikan setiap angka dengan cermat dan teliti.
  • Jangan terburu-buru karena sikap tersebut malah akan menghancurkan tes Anda.
  • Sebelum melaksanakan tes yang sesungguhnya, Anda bisa mencoba berlatih terlebih dahulu agar terbiasa dalam mengerjakannya.
  • Jika Anda mengerjakan tes secara online, maka pastikan perangkat yang digunakan dalam keadaan yang baik serta baterai terisi penuh. Hal tersebut untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi.

Tes Kraepelin Online

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tes ini bisa dilakukan secara online dan offline. Cara online lebih sering digunakan karena memiliki kemudahan serta kelebihan tersendiri. Dalam melakukan tes online tersebut juga diperlukan suatu platform yang menyediakannya. Salah satunya yaitu NS Development yang mampu memberikan hasil akurat dan terpercaya.

Selain itu, tes online bersama NS Development juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja asalkan terdapat jaringan internet. Pengerjaannya pun bisa menggunakan laptop, komputer maupun ponsel sehingga lebih mudah bagi peserta maupun penyelenggara tes. Dengan begini pun Anda tidak perlu ragu untuk melakukan tes kraepelin bersama NS Development.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.

TIPS Berhubungan