News
Tes minat bakat memegang peranan penting dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat, karena mampu mengungkap aspek psikologis yang lebih dalam.

Tes Minat Bakat, Kenali Potensi untuk Jurusan Kuliah yang Tepat

Tahukah Anda, menurut hasil riset, sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia merasa dirinya salah dalam mengambil jurusan? Oleh sebab itu, tes minat bakat atau dalam bahasa inggris disebut dengan Aptitude Test merupakan solusi cerdas untuk Anda yang merasa bingung mengenai jurusan mana yang harus Anda pilih pada saat masuk ke jenjang perkuliahan nanti.

Anda bisa mengikuti tes satu ini dengan cara menjawab sejumlah soal sederhana yang berkaitan dengan diri Anda. Dengan demikian, Anda akan tahu dan kenal lebih dekat dengan kelebihan maupun kekurangan diri Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan serta memilih jurusan bahkan karir yang cocok dengan kepribadian Anda secara langsung.

Pentingnya Mengikuti Tes Minat Bakat

Seiring dengan waktu berjalan, kebutuhan seorang murid untuk mencari tahu jurusan kuliah yang tepat baginya terus mengalami peningkatan. Ya, hal itulah yang menjadi modal dasar bagi para siswa demi menyiapkan dirinya untuk menghadapi jenjang perkuliahan.

Kendati begitu, tidak sedikit siswa yang masih merasa belum yakin atau bahkan belum mengetahui jurusan kuliah apa yang hendak diambil atau ditekuninya nanti. Terdapat sangat banyak pilihan jurusan kuliah. Akan tetapi kerap kali pilihan yang banyak tersebut malah menyebabkan siswa menjadi bertambah bingung.

Lantas, yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah mengapa masih banyak siswa yang kebingungan saat menentukan dan memilih jurusan kuliah? Apakah yang membuat mereka merasa bingung? Jawabanya ternyata cukup sederhana, yakni karena para siswa tersebut belum tahu secara pasti akan bakat maupun minatnya.

Bakat sendiri adalah karunia atau anugerah yang berasa dari Tuhan semenjak seseorang lahir. Sementara itu, minat adalah kecenderungan hati seseorang untuk menyukai suatu hal. Kadang, bakat dan minat tidak sejalan. Pasalnya, terdapat beberapa orang yang memiliki bakat di suatu bidang, akan tetapi dia tidak minat. Begitu pula sebaliknya.

Bakat bisa berpengaruh terhadap seseorang untuk minatnya pada suatu hal. Kadang, seseorang belum tentu tahu bahwa dia punya bakat pada suatu bidang. Ia hanya minat pada bidang tersebut, tanpa diketahui apakah dia juga mempunyai bakat di bidang yang sama.

Mengenali Potensi Diri dengan Tes Minat Bakat

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara untuk mengetahui atau mengenali bakat dan minat di dalam diri seseorang secara tepat? Pada saat seseorang masih kecil, bakat dan minatnya bisa terlihat melalui observasi dari orangtua terhadap hal yang disukai oleh sang anak tersebut.

Sementara itu, pada saat usia anak menginjak remaja yang sudah punya kecenderungan menyenangi berbagai bidang, kerapkali anak merasa sulit untuk menentukan hal mana yang paling diminati. Pasalnya, bisa saja anak tersebut merasa mempunyai minat di segala bidang.

Oleh sebab itu, salah satu cara yang paling akurat guna mencari tahu bakat dan minat seorang siswa yaitu lewat tes minat bakat. Ya, dengan mengenali minat dan bakat, akan menjadi modal dasar dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tes minat dan bakat serta kepribadian punya peranan signifikan di dalam merencanakan karir. Sebab, keduanya bisa membantu untuk memberikan gambaran mengenai karakter, kekuatan, kelemahan, bakat, maupun kemampuan seseorang.

Lewat tes minat bakat, siswa bisa lebih tahu tentang potensi dirinya, termasuk keunggulan dan kekurangannya. Baik itu dari segi kepribadian maupun akademisnya. Dengan mengikuti tes minat dan bakat, siswa juga akan lebih terarah dalam mengetahui minat yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Siswa menjadi tahu jurusan kuliah yang tepat sesuai bakat minatnya.

Untuk itu, tes bakat dan minat merupakan psikotes yang penting untuk dilakukan. Sebab, bisa sangat membantu siswa untuk memahami dan yakin dalam menentukan jurusan kuliah. Dengan begitu, siswa yang merasa salah memilih jurusan bisa diminimalisir.

Tes Minat dan Bakat Online

Agar bisa memilih jurusan kuliah yang tepat demi karir yang bagus di masa mendatang, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti psikotes minat dan bakat. NS Development Hadir sebagai platform psikotes online yang bisa Anda kerjakan kapanpun dan dimanapun bermodalkan HP, laptop, atau komputer dengan kuota internet saja.

Tenang saja, hasil tes minat bakat di NS Development disajikan langsung sesudah Anda mengikuti tes secara akurat dan real time. Dengan mengikuti tes minat bakat di NS Development Anda bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi minat bakat. Sehingga sangat bagus untuk mengembangkan karir Anda di masa depan.

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

TIPS Berhubungan