News
Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Tes Kraepelin untuk hasil yang maksimal

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Tes Kraepelin

Sebelum mengikuti tes kraepelin memang membutuhkan persiapan. Saat ini tes psikotes dalam rekrutmen kerja menjadi tes wajib yang harus dilakukan oleh calon karyawan. Tes ini berguna dalam mengukur hard skill calon karyawan, sebelum memutuskan untuk menempatkannya pada posisi yang diinginkan. Ada banyak jenis tes psikotes dalam proses rekrutmen karyawan, salah satunya yakni tes kraepelin.

Tes ini bisa Anda gunakan sebagai alat ukur yang dibuat oleh psikiater asal Jerman bernama Emil Kraepelin, tepatnya pada abad 19. Awal mula penggunaan tes ini untuk bisa mendeteksi abnormalitas pada individu, namun belakangan juga digunakan oleh kalangan militer dan perusahaan.

Tes ini termasuk salah satu 'Speedtest' karena terbatasnya waktu yang tidak memungkinkan menyelesaikan semua soalnya. Peserta yang mengikuti tes ini akan diminta mengerjakan soal penjumlahan dasar beruntun. Tentunya yang melibatkan angka 0 - 9 hingga 40-an kolom, namun dalam waktu 30 detik untuk tiap kolom. Untuk itu, sebelum mengikuti tes ini, Anda perlu melakukan persiapan.

Ketahui Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Kraepelin

Kini agar tidak kesulitan dalam menjalani tes, Anda perlu akan mempersiapkan beberapa hal dengan sebaik mungkin. Berikut ini adalah sejumlah persiapannya.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Prima

Hal penting yang perlu Anda perhatikan salah satunya yakni memastikan tubuh dalam kondisi prima. Jika kondisi tubuh sakit, maka tingkat konsentrasi selama mengerjakan tes akan kurang. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap hasil tes nanti. Sebelum mengikuti tes ini, pastikan Anda sudah sarapan dari rumah, minum, dan istirahat yang cukup. Jika Anda merasa mengantuk, sebaiknya konsumsi secangkir kopi terlebih dahulu setelah sarapan.

2. Siapkan Alat yang Diperbolehkan

Penting bagi Anda untuk memahami alat yang sekiranya perlu dibawa saat menjalani tes kraepelin. Anda harus mempersiapkan alat tulis yang dibutuhkan dengan lengkap. Anda mungkin tidak pernah mengetahui kapan diperbolehkan menggunakan pulpen atau pensil saat mengikuti tes.

Selain itu, juga bisa untuk mempersiapkan kertas kosong. Sebab, alat tersebut bisa Anda gunakan sebagai catatan saat mengerjakan jenis soal yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Meski biasanya perusahaan juga menyediakan alat untuk pesertanya, namun tidak ada salahnya untuk membawa peralatan sendiri.

3. Berlatih Sehari Sebelumnya

Jika Anda belum terbiasa mengerjakan tes kraepelin ini, maka akan lebih baik berlatih sehari sebelum mengikut tes. Dengan berlatih akan membantu Anda meningkatkan kecepatan berhitung dan bekerja. Saat tiba waktunya mengikuti tes Anda tidak merasa kaku. Anda bisa menjumlahkan angka tersebut dengan tepat dan teliti sehingga akan mendapatkan poin yang tinggi.

Jika mencari contoh soal, Anda bisa mencari dan download langsung dari internet. Selain itu, mencari website yang menyediakan file tes ini secara gratis untuk berlatih.

4. Melatih Gerakan Mata

Perlu Anda ketahui bahwa waktu untuk mengikuti tes ini cukup singkat, maka perlu juga melatih kecepatan mata. Sebaiknya fokus pandangan tidak hanya pada dua angka yang ingin Anda jumlahkan, namun juga untuk angka-angka lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengerjakannya dengan cepat.

Pastikan kecepatan mata Anda terjaga dengan stabil. Jangan sampai saat memasuki deretan angka terakhirnya, justru mata Anda merasa kelelahan. Tentu saja justru berpotensi menjadikan kesalahan saat menjumlahkan angkanya.

5. Konsentrasi Saat Mengerjakan Tes

Sebelum mengerjakan tes, terkadang melihat angka-angka dalam kertas kerja kraepelin membuat perut terasa mulas. Padahal tes ini sangat penting, sebaiknya tetap menjaga konsentrasi selama mengerjakan tes agar hasil penjumlahannya tidak salah. Selain itu, perhatikan juga tempat menuliskan jawaban.

6. Bangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri juga menjadi salah satu hal yang penting dalam mengerjakan tes. Apalagi seringkali orang-orang merasa kecewa karena tidak bisa menjawab satu pertanyaan. Alhasil, saat mencoba untuk melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya, justru tidak fokus dan tidak bisa berpikir secara logis. Sebaiknya Anda tidak pernah berkecil hati, saat tidak bisa menjawab satu pertanyaan. Pastikan untuk tetap percaya diri bahwa Anda bisa menyelesaikan semua pertanyaannya.

Kini Anda bisa mengetahui banyak hal yang dipersiapkan sebelum tes kraepelin. Pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.

TIPS Berhubungan