News
Test Kraepelin digunakan Ketika proses rekrutmen untuk tes kepribadian kandidat. Berbagai tes dikeluarkan untuk mengetahui performa yang dimiliki masing-masing kandidat.

Fungsi Tes Kraepelin yang Penting untuk Dipahami

Tes Kraepelin atau tes Pauli yang juga sering disebut tes koran kini sedang populer dan sering diterapkan dalam pendaftaran pekerja. Lembar tesnya tebal menyerupai koran. Untuk mengerjakan tes ini membutuhkan konsentrasi, tenaga, dan pikiran yang terpusat agar hasilnya maksimal.

Anda akan menjumpai tes ini ketika ingin mendaftar kerja baik di perusahaan maupun militer. Adanya tes ini bisa menentukan masuk tidaknya Anda dalam bidang pekerjaan tersebut. Selain itu, dengan adanya tes ini perusahan bisa menilai dengan lebih spesifik seperti apa calon pekerjanya.

Jika Anda di bagian pengatur atau perusahaan Anda membutuhkan pekerja dan ingin menggunakan tes ini? Maka ada baiknya untuk mengetahui apa fungsi dari tes tersebut, dengan begitu Anda bisa lebih leluasa untuk menggunakanya.

Berikut Ini Fungsi dari Tes Kraepelin yang Penting untuk Diketahui

Tes Kraepelin pertama kali muncul pada abad ke-19 oleh Emile Kraepelin. Tes ini kini sangat populer dan banyak digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang ketika melamar pekerjaan. Sama halnya psikotes lainnya, fungsi dari tes ini untuk mengetahui seperti apa kepribadian yang dimiliki calon pekerja.

Karena tes ini sangat sering digunakan, mungkin Anda pernah menjumpainya. Namun apakah Anda mengetahui apa fungsi dari tes ini? Agar lebih paham maka kami akan memberikan berbagai informasi mengenai fungsi dari tes Kraepelin ini.

Jadi ketika Anda ingin menggunakan tes ini, sudah bisa mengerti dengan baik seperti apa fungsinya. Berikut fungsinya kami berikan untuk Anda.

Fungsi Tes Kraepelin

Test Kraepelin digunakan Ketika proses rekrutmen untuk tes kepribadian kandidat. Berbagai tes dikeluarkan untuk mengetahui performa yang dimiliki masing-masing kandidat. Banyak perusahaan menggunakan tes ini, nah untuk Anda yang tertarik maka bisa mambacara fungsinya ini:

  • Jika hasil penjumlahan angka rendah maka hal tersebut mengindikasikan seseorang yang memiliki gejala depresi mental.
  • Jika hasil tes memperlihatkan grafik yang menurun drastis, maka mengindikasikan terjadinya short term memory loss Ketika orang tersebut menjalankan tes
  • Sedangkan jika ada banyak kesalahan hitung dalam tes, maka mengidentifikasikan kalua peserta tersebut memiliki distrek mental.
  • Jika dalam pengerjaan tes menunjukan hasil grafik tes yang terlalu besar, maka menunjukan kalau orang tersebut memiliki gangguan emosional.
  • Untuk metode eksperimen mental yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap kerja terhadap prestasi.
  • Sebagai tipologi kepribadian seseorang.
  • Untuk alat diagnostik perbedaan konstitutif, biasanya menunjukan daya tahan wanita lebih besar dari pria. Prestasi orang desa lebih tinggi dari orang kota dan sebagainya. Hal seperti ini dapat menunjukan bahwa tes ini sangat bermanfaat untuk pemahaman psikologis sosial.
  • Dapat digunakan untuk orang-orang yang menderita gangguan otak. Menunjukkan kalau adanya luka pada frontal dan parietal bisa membuat kurangnya prestasi yang besar. Sedangkan luka occipital kurangnya prestasi tidak terlalu besar
  • Sangat berguna dalam pemeriksaan prestasi yang cukup baik.
  • Dapat digunakan di sekolah untuk mendeteksi anak yang kurang dibimbing. Dalam tes ini terdapat kurve dalam berbagai bentuk. Jika anak terhambat maka mereka tidak memiliki pendirian dan lemah diri.
  • Digunakan untuk mengetahui pengaruh narkoba.
  • Sebagai alat pembantu eksperimen yang mendasari diagnosis psikologi.

Tes ini juga bisa digunakan untuk orang yang buta, walau jika dibandingkan dengan orang normal prestasinya kurang. Namun prestasi individunya akan terlihat dengan jelas.

Cara Mengerjakan Tes Kraepelin

Untuk mengerjakan tes ini Anda perlu memahami Langkah-langkah untuk mengerjakanya. Untuk itu, kami juga akan memberikan caranya untuk Anda.

  • Mulai kerjakan dari bagian paling kiri dan baris paling bawah.
  • Jumlahkan angka yang ada pada bagian paling bawah dengan angka yang ada di bagian paling atas.
  • Jika sudah tahu hasilnya, maka tuliskan hanya satu dari hasil penjumlahan.
  • Anda dapat menuliskan hasilnya pada sebelah kanan ruangan di antara dua angka seperti yang sudah dicontohkan.
  • Anda bisa melanjutkan mengerjakan dari bawah hingga atas, Anda boleh berpindah jika pengawas memberikan perintah, dan pengerjaan di mulai lagi dari bagian bawah.

Tes Kraepelin yang penting dilakukan bisa mempermudah dalam mencari calon pekerja. Dengan mengetahui berbagai fungsi tersebut, Anda bisa lebih leluasa dalam mengerjakanya. Jadi jangan ragu untuk menggunakanya.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.

TIPS Berhubungan