News
Tes kuder memiliki beberapa manfaat khusus yakni untuk : menentukan jabatan dan pilihan karir terbaik bagi seseorang, untuk keperluan seleksi pegawai dan penempatan karyawan sesuai dengan minat bakatnya, mengembangkan potensi seseorang, dapat digunakan untuk mengenali area/bidang kerja mana yang paling cocok bagi seorang individu, dan tentunya untuk lebih mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Alat Tes Minat Bakat : Tes Kuder Preference Record-Vocational (KPR-V)

Ada banyak sekali alat tes minat bakat yang dapat digunakan oleh para psikolog untuk menentukan minat dan bakat seseorang dalam suatu bidang. Nah, salah satunya adalah Kuder Preference Record ini!

Pengertian Tes Kuder Preference Record-Vocational (KPR-V)

Kuder Preference Record sendiri adalah sebuah tes yang diciptakan oleh G. Frederich Kuder, yang merupakan seorang Profesor di Universitas Duke dan seorang editor di Educational and Psychological Measurement. Tes ini sendiri telah melalui beberapa penelitian dan riset yang berlangsung lama dan mendalam.

Perkembangan tes ini sendiri dimulai pada tahun 1934 - 1935, utamanya dalam bidang pendidikan. Pada tahun 1939, diterbitkanlah FORM A yang meliputi 7 bidang minat. 3 tahun setelahnya, yakni pada tahun 1942 diterbitkanlah FORM B yang memiliki 9 bidang minat. Kemudian, 6 tahun setelahnya yakni pada tahun 1948 Terbitlah FORM C yang melingkupi 10 bidang minat. FORM C inilah yang menjadi susunan Kuder Preference Record saat ini (dengan penelitian-penelitian yang masih berlangsung).

Kegunaan Tes Kuder Preference Record-Vocational

Tes kuder memiliki beberapa manfaat khusus yakni untuk : menentukan jabatan dan pilihan karir terbaik bagi seseorang, untuk keperluan seleksi pegawai dan penempatan karyawan sesuai dengan minat bakatnya, mengembangkan potensi seseorang, dapat digunakan untuk mengenali area/bidang kerja mana yang paling cocok bagi seorang individu, dan tentunya untuk lebih mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Sebenarnya, fokus utama dari tes minat bakat dan tes psikologi ini adalah untuk mengukur sejauh mana minat atau ketertarikan yang ada dalam diri seorang individu. Dengan hasil inilah, para psikolog dapat menyimpulkan bidang minat manakah yang dimiliki oleh peserta tes.

Hasil tes minat bakat satu ini juga dapat digunakan bagi pihak HR suatu perusahaan untuk memahami kecenderungan minat calon pekerjanya. Dengan itu, pihak HR tersebut akan tahu apakah suatu posisi/jabatan/bidang pekerjaan sesuai dengan minat calon pencaker (pencari kerja) tersebut. Berdasarkan hasil tes Tes Kuder Preference Record-Vocational inilah para HR dapat menentukan posisi terbaik bagi karyawannya.

Untuk pengukuran minat dalam tes ini sendiri akan menggunakan 2 jenis pendekatan, yakni:

  • Menggunakan butir soal 3 serangkai dengan pilihan terbatas. Melalui pendekatan ini, para peserta tes mampu mengindikasikan 3 kegiatan yang paling disukainya dan yang paling tidak mereka sukai.
  • Kedua, pendekatan yang digunakan untuk mengidentifikasi 10 bidang minat.

10 Bidang Minat dalam Tes Kuder Preference Record-Vocational

Interpretasi satu ini digunakan untuk memetakan minat yang dimiliki seseorang pada suatu jenis/bidang/posisi pekerjaan tertentu. Berikut ini 10 bidang minat dalam Tes Minat Bakat Kuder Preference Record-Vocational :

1. Bidang Clerical

Minat yang berhubungan dengan jenis-jenis pekerjaan khusus yang membutuhkan ketepatan ataupun ketelitian. Jika kamu memiliki minat clerical ini, maka kamu cocok berkarir dalam bidang administrasi dan akuntansi. Contohnya saja adalah menjadi seorang accounting, banker, sekretaris, administration staff, dan lain sebagainya.

2. Social Service

Ketertarikan pada masalah keamanan umum, sosial, dan kesejahteraan bersama. Biasanya orang yang memiliki minat dalam bidang social service ini memiliki simpati dan empati yang tinggi. Bidang pekerjaan yang sesuai : Psikolog, Guru, Sukarelawan, Aktivis, dan lain sebagainya.

3. Musical

Minat dalam bidang musik dan segala hal yang berhubungan dengan musik. Jika kamu memiliki minat musical, maka kamu bisa memilih jalan karir sebagai seorang musisi, penyanyi, komposer, dan pemain alat musik.

4. Literary

Minat dalam bidang sastra, meliputi kegiatan membaca, menulis, dan mengarang. Seseorang dengan minat literary ini biasanya tertarik untuk menjadi seorang penulis, sastrawan, editor, bahkan filsuf.

5. Artistik

Ketertarikan dalam bidang seni, atau tertarik menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif (utamanya yang berhubungan dengan kesenian). Jika kamu memiliki ketertarikan artistic ini, maka kamu bisa berkarir sebagai seorang seniman.

6. Persuasif

Interpretasi bidang minat keenam adalah persuasive, dimana orang dengan minat ini cenderung suka bernegosiasi, bermusyawarah, berdiskusi, dan berbicara dengan banyak orang. Individu dengan minat ini lebih senang bekerja sebagai seorang marketing, penyiar radio, dan lain sebagainya.

7. Scientific

Minat dalam bidang sains, orang seperti ini menyukai hal-hal yang bersifat keilmuan dan berbau ilmiah. Meliputi kegiatan riset, penelitian, eksperimen, dan analisis.

8. Computational

Dapat dikategorikan untuk bidang minat yang berhubungan dengan angka-angka. Seseorang dengan minat ini biasanya menyukai kegiatan atau pekerjaan yang memerlukan perhitungan matematis, analisis angka, dan sejenisnya. Contoh pekerjaan yang sesuai adalah menjadi seorang guru matematika, accounting, auditor, staff perpajakan, atau menjadi seorang matematikawan.

9. Mekanik

Seseorang dengan bidang minat mekanik ini lebih tertarik kepada pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, peralatan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan mekanik. Pekerjaan yang cocok untuk orang dengan ketertarikan mekanik ini adalah operator mesin, seorang teknisi mesin, dan insinyur sipil.

10. Outdoor

Ketertarikan pada aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan yang sifatnya tidak rutin.

 Tes Kuder Preference Record-Vocational (KPR-V) adalah salah satu alat tes minat bakat yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui ketertarikanmu pada suatu bidang profesi tertentu. Dengan tes ini, kamu bisa menentukan bidang mana yang paling kamu sukai dan minati.

Tes Minat Bakat Online

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

TIPS Berhubungan