Edisi Revisi Tes MMPI

Sejak kemunculannya pertama kali di tahun 1940-an, MMPI sudah mengalami revisi perbaikan dan adaptasi menjadi beberapa alat tes, sebut sama seperti MMPI-2, MMPI-2 RF dan MMPI-A. Edisi revisi dari tes ini pertama kali dirilis pada tahun 1989. Sementara tes ini direvisi lagi pada 2001, MMPI masih digunakan saat ini dan merupakan tes penilaian klinis yang paling sering digunakan.

Tes ini kemudian mendapat pembaruan lagi pada 2003 dan 2008. Edisi terbaru dari tes ini dikenal sebagai MMPI-2-RF. Tidak sebanyak MMPI dan MMPI-2, tes MMPI-2-RF memiliki 338 pertanyaan dan memiliki waktu tes selama 30 sampai 50 menit.

MMPI

Jumlah soal 566 item. Dirilis pertama kali tahun 19040. Dalam tes MMPI awal ini tidak ditentukan trait kepribadian tertentu tetapi memberikan beratus-ratus pernyataan tes. Kepada beberapa kelompok individu dan ada pernyataan yanng membedakan antara satu kelompok dengan kelompok lain sehingga disebut dengan tehnik konstruksi empiris, dimana setiap butir soal memiliki hubungan aktual/empiris dengan karakteristik kepribadian yang diukur. Misalnya : ada skala butir soal yang menunjukkan perbedaan antara individu yang normal dengan paranoia.

MMPI-2

Jumlah soal 567 item. Dirilis pertama kali tahun 1989. Merupakan perkembangan dari MMPI awal yang berisi pernyataan afirmatif benar atau salah. 370 soal pertamanya sama dengan yang ada dalam MMPI, perbedaannya disediakan respon yang dibutuhkan untuk memberi skor 10 skala klinis (sama dengan skala klinis MMPI awal) yang asli dan 3 skala validitas. 197 butir soal tersisa diperlukan untuk menskor seluruh komponen yang terdiri dari 104 validitas baru yang direvisi dan dipertahankan, serta skala dan sub skala suplementer yang membangun inventori secara lengkap. Soal-soal tersebut mencakup  banyak bidang, seperti kesehatan umum, symptom-symptom afektif, neorologist dan motorik, sikap seksual, politis dan sosial, pendidikan, pekerjaan, keluarga, pernikahan, serta banyak perilaku neurotis atau psikotis yang dikenal.

MMPI-2 RF (Restructured Form)

Pada tahun 2003, Dr. Rusdi Maslim memperkenalkan MMPI-2 adaptasi Indonesia dengan mengacu pada MMPI-2 yang diterbitkan di Amerika pada tahun 1989, dengan revisi dan tambahan yang cukup besar dan mendasar (Seperti: Penambahan skala, Perubahan aitem, Jumlah item 567, Uniform T-score, Cut-off Score = 65, dll). Pada tahun 2005 ada revisi susulan dari Clinical Scale menjadi RC (Restructured Clinical Scale) dan penambahan Skala Psy-5, kemudian pada tahun 2008 disusul dengan keluarnya MMPI-2RF.