Job Description
1. Menyusun list pembelian barang / jasa yang dibutuhkan seluruh anggota perusahaan.
2. Mengkategorikan list pembelian antara; pembelian barang bulanan & sekali beli.
3. Menyusun list vendor penyedia barang / jasa.
4. Meminta approval pembelian kepada manajemen / bagian keuangan untuk anggaran.
5. Menghubungi supplier & vendor untuk mendapatkan quotation / penawaran harga.
6. Menganalisa penawaran (harga, fitur, servis, Etc.) yang paling menguntungkan bisnis.
7. Melakukan negosiasi harga, fitur, servis, waktu, yang diperoleh dari supplier.
8. Membuat dokumen pemesanan / purchase order (PO).
9. Mengirim PO kepada supplier & vendor barang / jasa.
10. Melacak & memastikan pengiriman atau eksekusi pengerjaan servis berjalan baik.
11. Pengecekan kualitas barang / jasa sesuai dengan kontrak penjualan.
12. Dokumentasi dokumen-dokumen pembelian ke dalam system perusahaan
13. Mediasi dengan bagian logistik untuk pencatatan barang masuk.
14. Mediasi dengan bagian keuangan untuk pembayaran barang / jasa.
15. Melakukan review performa proses pembelian.